blograme

Music My Inspiration :)

TULISAN II PENJUALANAN MOTOR KLASIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)

Perdagangan elektronik yang biasa disebut e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan computer untuk melaksanakan proses bisnis. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Banyak sekali pada zaman sekarang bisnis dilakukan secara online atau menggunakan media elektronik. Pada kasus ini, saya akan membahas tentang bisnis Kakak saya pada penjualan motornya. Sudah kurang lebih 2 tahun kakak saya membuka sebuah toko spare part motor dan menjual motor klasik dirumah dan dijual secara online dengan sistem penjualan via telephone dan COD. Kakak saya memasarkan produk penjualan dengan cara menawarkan via jejaring sosial komputer kaskus, toko bagus, dan berniaga selain itu kakak saya juga membuat browser web. Apabila konsumen sudah sepakat ingin membeli produk dengan kakak saya, lalu konsumen menghubungi via telephone dan melakukan transaksi dengan cara COD. Alhamdulillah bisnis kakak saya maju dan banyak sekali pelanggan yang sudah berlangganan dengan kakak saya, tentunya bagi pelanggan yang sudah berlangganan dengan kakak dan membeli barang cukup banyak akan mendapatkan potongan harga spesial.

Melakukan penjualan secara e-commerce memang tidak mudah dan banyak kendalanya antara lain yaitu : Biaya yang tinggi, Kekhawatiran akan masalah keamanan, dan Piranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia. Tetapi ada juga manfaat pada penjualan e-commerce yaitu : Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan, Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan, dan Peningkatan imbal hasil eknomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.

Sumber atau Referensi :

Raymond McLeodJr.George P.Schell (Edisi 10). “Sistem Informasi Manajemen”. Salemba Empat: 59-84.

http://akuntansibubung.wordpress.com/2012/04/02/menggunakan-teknologi-informasi-dalam-menjalankan-perdagangan-elektronik-e-commerce-sistem-informasi-manajemen/

Oktober 11, 2013 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: