blograme

Music My Inspiration :)

CINTA DAN PERKAWINAN

Cinta merupakan salah satu bentuk emosi dan perasaan yang dimiliki individu. Dan sifatnyapun subyektif sehingga setiap individu akan mempunyai makna yang berbeda tergantung pada penghayatan serta pengalamannya. Perkawinan adalah ikatan lahir dan batin yang suci antara pria dan wanita yang melibatkan hubungan seksual, hak pengasuhan anak dan adanya pembagian peran suami dan istri serta adanya keintiman, komitmen, persahabatan, cinta dan kasih sayang, pemenuhan seksual, pertemanan dan kesempatan untuk pengembangan emosional antara suami dan istri. Jadi dalam perkawinan, antara individu kaum pria dan wanita harus didasari oleh cinta dan kasih sayang.

Pernikahan memiliki tanggung jawab yang sangat besar, jadi kita harus memilih pasangan yang baik dan benar agar kita tidak salah memilih pasangan hidup dan tidak terjadi percaraian.

 

A. Bagaimana Memilih Pasangan

Memilih pasangan hidup dalam pernikahan itu sangat penting dan hukumnya wajib, Rasulullah SAW telah memberikan teladan dan petunjuk tentang cara memilih pasangan hidup yang tepat dan islami.

  1. Beragama islam (muslimah). Ini adalah syarat yang utama dan pertama.
  2. Memiliki akhlak yang baik. Wanita yang berakhlak baik insya Allah akan mampu menjadi suami atau istri yang baik.
  3. Rajin Beribadah. Carilah calon suami atau istri yang taat beribadah, karena selain bisa menjaga hubungan yang selalu baik karena cinta dilandaskan kepada tuhan.
  4. Sehat Jasmani maupun Rohani. Pilihlah yang dari segi fisik dan mental / jasmani dan rohani yang sehat walafiat. Pilih yang sehat, cerah, gesit, kuat, dan tidak mudah sakit. Dari segi kesuburan pun juga penting jika anda ingin punya keturunan.
  5. Saling Jujur / Tidak Suka Bohong, Cinta Dan Setia. Pilihlah pasangan yang dapat dipegang kata-katanya dan hanya akan berbohong untuk kepentingan keluarga yang positif, karena kehidupan rumah tangga yang harmonis tentu menjadi idaman banyak pasangan.
  6. Pasangan Yang Selalu Mensuport anda. Cari pasangan yang sealu membantu anda dalam mengukuhkan imej diri anda dan mendukung semangat dan menyakinkan diri anda, sebab itulah gunanya pasangan hidup baik itu suami maupun istri.

 

B. Seluk Beluk Hubungan Dalam Hubungan Pernikahan

Niat menikah saja tidak cukup, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Kesiapan mental, ekonomi, pendidikan belum lagi menghadapi friksi atau konflik dengan keluarga besar. Didalam suatu pernikahan tidak hanya modal cinta dan kasih sayang saja. Pada umumnya, banyak sekali pertengkaran bahkan terjadi perceraian dalam kehidupan berkeluarga. Perceraian merupakan terputusnya hubungan antara suami istri, yang dalam hal ini adalah cerai hidup yang disebabkan oleh kegagalan suami atau istri dalam menjalankan obligasi peran masing-masing. Dimana perceraian dipahami sebagai akhir dari ketidakstabilan perkawinan antara suami istri yang selanjutnya hidup secara terpisah dan diakui secara sah berdasarkan hukum yang berlaku. Berikut merupakan penyebabnya terjadinya perceraian :

  1. Ketidakharmonisan dalam rumah tangga
  2. Krisis moral dan akhlak
  3. Kesulitan ekonomi keluarga yang kurang tercukupi.
  4. Perzinahan
  5. Pernikahan tanpa cinta

Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan pernikahan sebaiknya pertimbangkan secara matang agar menjadi keluarga yang harmonis dan keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah.

 

C. Penyesuaian dan Pertumbuhan Dalam Perkawinan

Perkawinan merupakan salah satu tahapan dalam hidup yang pasti diwarnai oleh perubahan. Dan perubahan yang terjadi dalam sebuah perkawinan, sering tak sederhana. Penyesuaian dalam pernikahan pada dasarnya adalah hal yang berjalan sepanjang waktu, sepanjang pernikahan itu bahkan hingga salah satu dari pasangan meninggal dunia penyesuain tetap menjadi kebutuhan dan keharusan. Di awal perkenalan sebelum menikah, keduanya masih saling berkenalan luarnya saja, hanya mengenal kepribadian calon pasangannya secara umum saja. Oleh karena itu, di awal pernikahan pun pasangan masih perlu penyesuaian dan pengenalan yang lebih mendalam lagi antara satu sama lain, begitu seterusnya, penyesuaian pun perlu terus dilakukan dalam pernikahan ketika istri hamil, anak pertama lahir, dst.

Penyesuaian dengan pasangan juga butuh kesabaran dan kemauan untuk saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan diantara pasangan suami istri adalah suatu hal yang wajar, dan karena perbedaan itulah Allah mempertemukan dan menyatukannya agar satu sama lain bisa saling melengkapi. Kebahagiaan dalam pernikahan kuncinya terletak di hati, dan berada pada diri masing-masing pasangan. Bila hati keduanya selalu menyatu untuk membahagiakan rumah tangganya, maka keduanya juga akan saling merasakannya. 

 

D. Perceraian dan Pernikahan Kembali

Pernikahan hanya mengikat sepanjang pasangan ini hidup. Pasangan yang sudah menikah harus mempertahankan pernikahan mereka selama pasangan hidup mereka masih hidup. Namun tidak semua manusia bisa mempertahankan pernikahannya, semua itu terjadi karena perceraian. Perceraian boleh terjadi alasan sebab yang tepat, seperti perzinahan atau ketidakcocokan antar suami dengan istri. Apabila perceraian terjadi antara suami dengan istri, makanya antar individu boleh melakukan pernikahan kembali.

 

E. Single Life

Masih banyak manusia yang masih memilih untuk hidup sendiri tanpa pasangan atau menjomblo dengan alasan yang berbeda-beda. Single atau Jomblo itu sendiri adalah mencari jati diri dan instropeksi diri untuk kedepannya dalam menentukan kehidupan. Single atau jomblo itu bukan berarti seseorang tidak laku, tetapi banyak orang yang masih ingin hidup bebas dengan teman-teman tanpa ada yang mengatur.

Single life itu sendiri ada keuntungan dan kerugiannya, antara lain :

  1. Keuntungannya : Hidup bebas, artinya kita bebas ingin berteman dengan siapa pun dan bebas melakukan apapun yang diingikannya tanpa ada yang melarangnya.
  2. Kerugiannya : Diinjak / Disindir Dengan Teman Kita Yang Sudah Punya Pacar Serta Ortu Sendiri dan  Tidak Ada Penyemangat Hidup.

 

Sumber :

http://www.psychologymania.com/2012/06/definisi-perkawinan.html

http://belajarpsikologi.com/memahami-makna-cinta/

http://cara-muhammad.com/tips/tips-memilih-pasangan-hidup/

http://undangankipas.blogdetik.com/2013/01/05/tips-memilih-pasangan-hidup-bagi-yang-serius-ingin-menikah/

https://id.wikipedia.org/wiki/Perceraian

http://www.psychologymania.com/2012/08/perceraian-dalam-tinjauan-sosiologis.html

http://cerdaskonsultan.wordpress.com/tag/penyesuaian-dalam-pernikahan/

http://pegasuscinta.blogspot.com/2012/03/keuntungan-dan-ruginya-menjadi-jomblo.html

Juni 9, 2013 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: