blograme

Music My Inspiration :)

MUSIBAH BENCANA ALAM GUNUNG MERAPI

Pada tanggal 26 Oktober 2010 adalah hari yang paling memilukan untuk Indonesia, sebab 2 bencana alam melanda yakni Gunung Meletus dan Gempa & Tsunami di Mentawai.

Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga saat ini.

  • Bentuk : Stratovolcano, artinya strato berarti kerucut dan volcano berarti gunung api, sehingga kurang lebih stratovolcano dapat diartikan gunung api yang bentuknya menyerupai kerucut.
  • Ketinggian Puncak : 2968 m
  • Lintang : 7.542°S
  • Bujur : 110.442°E

Gunung Merapi adalah yang termuda dalam kumpulan gunung berapi di bagian selatan Pulau Jawa. Gunung ini terletak di zona subduksi, dimana Lempeng Indo-Australia terus bergerak ke bawah Lempeng Eurasia.

Gunung merapi meletus  dengan mengeluarkan awan panas. Munculnya awan panas tersebut menjadi tanda sebagai erupsi Gunung Merapi. Awan panas pertama yang muncul mengarah ke barat. Namun awan panas yang berikutnya tidak dapat terpantau dengan baik karena kondisi cuaca di puncak Merapi cukup gelap dan hujan.

Upaya evakuasi terhadap korban awan panas Gunung Merapi, terkendala hujan abu vulkanik yang pekat dan panas yang masih menyelimuti Kawasan Rawan Bencana III . Dengan adanya Letusan Gunung Merapi yang mengakibatkan banyak tempat kawasan wisata dan aktivitas warga jogyakarta juga banyaknya korban nyawa atau banyak warga orang asli yang meninggal terkena Lahar Merapi dan semua warga mengungsi.

Jumlah korban meninggal dunia akibat letusan Gunung Merapi yang dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta tercatat 161 orang. Dari jumlah itu, 37 korban meninggal saat erupsi Gunung Merapi pada 26 Oktober 2010, sedangkan 124 korban meninggal pada  5 November 2010.

Alhamdulillah bantuan berupa medis ataupun non medis terus berdatangan untuk menolong korban-korban bencana alam Gunung Merapi tersebut.

Desember 26, 2011 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: